THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES ?

smpn 1 denpasar

smpn 1 denpasar

About Me

saya adalah seorang anak manusia yang lahir di MATARAM dan dibesarkan di DENPASAR. seseorang yang cinta dengan MUSIK, dan jangan lupa,,,aku adalah J-ROCKSTAR!!!

Jumat, 28 November 2008

about ICT!!

Sejarah Teknologi Informasi, Perkembangan peradaban manusia diiringi
dengan perkembangan cara penyampaian informasi (yang selanjutnya dikenal
dengan istilah Teknologi Informasi). Mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna
di dinding-dinding gua, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai
diperkenalkannya dunia arus informasi yang kemudian dikenal dengan nama
INTERNET. Ada 3 masa berkenaan dengan sejarah TIK ini yaitu: Masa Pra-Sejarah
(...s/d 3000 SM), Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M), dan Masa Modern (1400-
an M s/d sekarang).

Revolusi Perkembangan Komunikasi meliputi: dalam hal berbicara, ditemukannya
tulisan, penemuan percetakan, dan hubungan jarak jauh. (Bell, 1992)

Teknologi Komunikasi merupakan wujud hasil ciptaan
dan temuan manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan untuk berhubungan satu
sama lain dengan cepat, jelas, dan menjangkau. (Indonesia Memiliki satelit
Komunikasi Palapa tahun 1976)

Sementara itu menurut Rogers, Teknologi Komunikasi adalah Peralatan
perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial,
yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, mengolah, dan saling bertukar
informasi dengan individu lain.

karakteristik Teknnologi Komunikasi meliputi:

• Jaringan pengolahan data yang memungkinkan orang berbelanja cukup dengan
menekan tombol-tombol komputer di rumah masing-masing. Pesanan akan
dikirimkan langsung ke rumah pemesan oleh toko tempat berbelanja.
• Bank informasi dan sistem penelusuran, yang memungkinkan pemakainya
menelusuri informasi yang diperlukan serta memperoleh kopi cetakannya dalam
sekejap mata.
• Sistem teleks, yang menyediakan informasi mengenai segala rupa kebutuhan.
Seperti berita, cuaca, gerhana, informasi finansial, iklan terklasifikasi, katalog
segala macam produk dan sebagainya, lewat layar televisi di rumah masing-
masing.
• Sistem faksimili, yang memungkinkan pengirimam dokumen secara elektronik.
• Jaringan komputer interaktif, yang memungkinkan pihak-pihak berkomunikasi
mendiskusikan informasi melalui komputer. (Bell, 1982).
• Tersedianya keluwesan dan kesempatan memilih di antara berbagai metode dan
alat untuk melayani kebutuhan manusia dalam komunikasi. Bila pada masa lalu
hanya ada alat peralatan ”berat” yang mahal, maka kini tersedia bermacam-
macam sarana yang ”ringan”, metode yang hanya memerlukan keterampilan
minimal, serta murah. Dengan kata lain, kini kita dapat memilih sendiri tingkat
teknologi yang kita perlukan.
• Kemungkinan mengkombinasikan teknologi, metode, dan sistem-sistem yang
berbeda dan terpisah selama ini. Berbagai bentuk baru transfer komunikasi dan
informasi telah dimungkinkan dengan pengkombinasian tersebut.
• Kecenderungan ke arah desentralisasi, individualisasi dalam konsep dan pola
pemakaian teknologi komunikasi. (Ploman, 1999).

Pemanfaatan TIK dalam Pendidikan yaitu Perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi yang sangat pesat, sejak lama telah dimanfaatkan dalam dunia
pendidikan. Seperti penemuan kertas, mesin cetak, radio, video taperecorder, film,
televisi, overhead projector (OHP), dan computer baik dalam bentuk computer
assisted instruction (CAI), computer based instruction (CBI) maupun E-learning
telah dimanfaatkan dalam proses pendidikan. Pada hakikatnya alat-alat tersebut tidak
dibuat khusus untuk keperluan pendidikan, akan tetapi alat-alat tersebut ternyata
dapat dimanfaatkan dalam proses pendidikan, bahkan dapat meningkatkan
efektivitas, efisiensi dan kualitas hasil pembelajaran..

Perkembangan dan Pemanfaatan Komputer.
Perkembangan Komputer.

Perkembangan komputer dalam bidang pendidikan, khususnya dalam
pembelajaran sebenarnya merupakan mata rantai dari sejarah teknologi
pembelajaran. Sejarah teknologi pembelajaran ini sendiri merupakan kreasi berbagai
ahli dalam bidang terkait, yang pada dasarnya ingin berupaya dalam mewujudkan
ide-ide praktis dalam menerapkan prinsip didaktik, yaitu pembelajaran yang
menekankan perbedaan individual baik dalam kemampuan maupun dalam kecepatan.
Teori-teori psikologi persekolahan yang terkait dengan belajar tuntas (mastery
learning) dengan tokoh-tokohnya seperti John B. Carrol, Jerome S. Bruner dan
Benjamin S. Bloom juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan teknologi
pembelajaran. Selain itu kerangka acuan yang terkait dengan perancangan atau
desain pembelajaran juga turut menyemarakkan perkembangan teknologi
pembelajaran yang selanjutnya digunakan juga sebagai acuan dalam penyusunan
bingkai kerja dalam mengembangkan pembelajaran berdasarkan komputer.

Perspektif historis pembelajaran berasaskan komputer dimulai dari munculnya
ide-ide untuk menciptakan perangkat teknologi terapan yang memungkinkan
seseorang melakukan proses belajar secara individual dengan menerapkan prinsip-
prinsip didaktik tersebut. Dalam sejarah teknologi pembelajaran kita menemukan
bahwa karya Sydney L. Pressey (1960) untuk menciptakan mesin mengajar atau
teaching machine bisa dicatat sebagai pelopor dalam pemanfaatan teknologi dalam
pembelajaran.

Pressey memandang bahwa mesin tes ini bisa digunakan pula dalam mengajar
dan dengan sedikit mengubah tujuan, dari tujuan menguji menjadi tujuan mengajar
akhirnya alat itu diguankan juga sebagai mesin mengajar.

Pada tahun 1964, seorang ahli psikologi dari aliran behaviorisme yang ternama.
B.F. Skiner menciptakan pembelajaran terprogram (berprograma) atau programmed
instruction. Sistem pembelajaran terprogram memungkinkan interaksi siswa dengan
siswa dan interaksi siswa dengan guru yang dilakukan secara langsung, tetapi
melalui program yang bisa berbentuk tulisan, rekaman radio, film, mesin mengajar
dan sebagainya. Prinsip yang digunakan sejalan dengan prinsip belajar yang
dikembangkannya, yaitu conditioning operan, adalah siswa belajar melalui
serangkaian stimulus-respon dan dalam programa itu respon dari suatu stimulus
(pertanyaan) ditemukan sendiri oleh siswa. Dalam program ini diberikan “kunci
jawaban” yang bisa diperiksa siswa setelah merespon, sehingga siswa mengetahui
apakah responnya benar atau salah. Program yang dikembangkan oleh Skinner itu di
kenal dengan Program Linier. Program linier ini dapat pula bercabang (branching).
Model-model pembelajarn terprogram, baik program linier maupun branching inilah
yang sangat mewarnai pengembangan perangkat lunak dalam sistem pembelajaran
berasaskan komputer.

Pemanfaatan Komputer dalam Proses Pembelajaran

Komputer adalah hasil karya manusia yang mampu membawa perubahan
besar dalam berbagai bidang pekerjaan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan.
Dalam bidang pendidikan, komputer sebagai hasil teknologi modern sangat
membuka kemungkinan-kemungkinan yang besar untuk menjadi alat pendidikan.
Khususnya dalam pembelajaran, komputer dapat digunakan sebagai alat untuk
menyampaikan informasi atau ide-ide yang terkandung dalam pembelajaran kepada
peserta didik. Selain itu, komputer dapat juga digunakan sebagai media yang
memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri dalam memahami suatu konsep.
Hal ini sangat memungkinkan, karena komputer mempunyai kemampuan
mengkombinasikan teks, suara, warna, gambar, gerak, dan video, serta memuat suatu
kepintaran yang sanggup menyajikan proses interaktif.

Pada umumnya dalam bidang pendidikan, penggunaan teknologi berbasis
komputer merupakan cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi dengan
menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikro prosesor, di mana informasi atau
materi yang disampaikan disimpan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk
cetakan. Berbagai jenis aplikasi teknologi komputer dalam pendidikan umumnya
dikenal dengan istilah ”Computer Asissted Instruction (CAI)” atau Pembelajaran

Berbantuan Komputer (PBK)”. Dalam pembelajaran berbantuan komputer, peserta
didik berhadapan dan berinteraksi secara langsung dengan komputer. Interaksi antara
komputer dengan peserta didik ini terjadi secara individual, sehingga apa yang
dialami oleh seorang peserta didik akan berbeda dengan apa yang dialami oleh
peserta didik yang lainnya.

Pembelajaran dengan berbantuan komputer”Computer Assisted Instruction”
(CAI) telah dikembangkan akhir-akhir ini dan telah membuktikan manfaatnya untuk
membantu guru dalam mengajar dan membantu peserta didik dalam belajar.
Komputer dapat sekaligus membantu puluhan peserta didik dan di masa yang akan
datang, diharapkan dapat membantu ribuan peserta didik sekaligus. Criswell (Munir,
2001) mendefinisikan CAI (Computer Assisted Instruction) sebagai penggunaan
komputer dalam menyampaikan bahan pengajaran dengan melibatkan peserta didik
secara aktif serta membolehkan umpan balik.

Disamping sebagai CAI pemanfaatan komputer dapat berupa CBI (Computer
Based Computer) yaitu Pembelajaran Berbasis Komputer. Dalam pemanfaatan
komputer sebagai CBI ini terdapat 4 model yaitu: drill and practice, tutorial, simulasi
dan games instruction. Pembelajaran Berbasis Komputer bersifat individual learning
(pembelajaran individual), dan mastery learning (belajar tuntas). Pembelajaran
Berbasis Komputer dilaksanakan pada laboratorium komputer yang ada di sekolah.

Selanjutnya, silakan Anda kerjakanlah soal-soal berikut:

1. Berkenaan dengan Teknologi Informasi dan Kominikasi. Coba Anda jelaskan:
a. apa yang dimaksud dengan teknologi informasi dan komukasi lalu
bagaimana pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan.
b. Sejarah perkembangan Teknologi Informasi dan Kominikasi

2. Berkenaan dengan software dan hardware komputer:
a. Kemukakan jenis-jenis software dan hardware yang anda ketahui secara
lengkap.
b. Jelaskan perkembangan teknologi software dan hardware komputer yang
Anda ketahui

3. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berjalan sangat cepat, salah
satunya adalah munculnya internet.
a. Coba Anda jelaskan apa yang dimaksud dengan internet dan E-learning.
b. Apakah internet dapat dapat digunakan untuk penyampaikan informasi
pembelajaran? Coba berikan argumen anda dan berikan contohnya.

4. Berkenaan dengan Perkembangan dan Pemanfaatan Komputer, coba Anda
jelaskan perkembangan komputer, sejak awal mula adanya komputer sampai
sekarang, lalu bagaimana pemanfaatan komputer untuk pendidikan.

0 komentar:

spirit' shoutbox


ShoutMix chat widget